Jumat, 24 Mei 2013

Agama Romawi



Responding paperAgama Romawi
Paper ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Agama-agama Minor
Dosen Pembimbing:
Hj.Siti Nadroh M.ag

Oleh :
Ita Siti Nurhalimah
1110032100012






JURUSAN PERBANDINGAN AGAMA
FAKULTAS USHULUDDIN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA
2013
Sejarah
Kerajaan (753-509 SM)
-Terbentuknya Romawi
Kota Roma didirikan oleh suku bangsa local yang telah membangun perkemahan di tujuh bukit di sekeliling Roma pada 753 SM.Menurut legenda, Roma didirikan oleh dua orang kakak beradik, Romulus dan Remus, cucu raja Numitor.  Sodara raja yang jahat, Amulius, memasukan kedua bersaudara yang masih bayi itu kesebuah keranjang lalu dibuang ke sungai Tiber.Tetapi mereka diselamatkan dan disusui oleh serigala betina.Mereka mendirikan Roma.Namun keduanya bertikai dan Remus terbunuh.Romulus kemudian menjadi raja yang pertama.
Dikisahkan pula dalam buku “Ensiklopedia Atlas Agama-Agama”.Bahwasanya, Amelius mencuri tahta kerajaan sodaranya yaitu Numitor dan membuang kedua cucunya (Romulus dan Remus) ke sungai Tiber. Namun keduanya disusui oleh serigala betina  dan dirawat oleh penggembala hingga besar.  Hingga keduanya mampu membunuh Amelius dan mengembalikan tahta kakeknya.Selain itu konon bahwa Romulus dan Remus keturunan Dewa Venus.Namun bukti ilmiah mengatakan bangsa Etruscan-lah yang pertama kali membangun Roma ketika mengekspansi Italia Tengah dan Selatan.[1]
Dikisahkan pula bahwa Roma awal diperintah oleh raja local dengan Romulus sebagai penguasa pertama. Warga Roam tediri atas orang Sabin dan Latin, yang bersatu untuk membangun sebuah kota. Dan menganggap bangsa Romawi. Bangsa ini mendapat pengaruh dari daerah-daerah utara tetangga seperti: Etruscan, Para Pedagang Yunai dan Katago yang membawa berbagai pemikiran baru mengenai kebudayaan dan masyarakat.
-Bangsa Etruska
Bangsa ini kerajaannya disebut Etruria, terbentuk sekitar (800 SM). Terdiri atas: petani, pengrajin logam, pelaut, dan pedagang. Bangsa ini menyukai music, permainan dan perjudian.Selain itu di pengaruhi bangsa Yunani, mengadopsi abjad Yunani, mengenakan Himaton (Jubah), dan menyembah para dewa Yunani. Banyak cara hidup mereka diambil oleh bangsa Romawi. Akirnya orang Romawi juga mengambil alih kebudayaan gaya Yunani sebagai kebudayaan utama mereka.[2]
v  7 Raja Romawi
·         Romulus
·         Numa Pompilius
·         Tullus Hostilius
·         Ancus Marcius.
·         Tarquinius Priscus
·         Servius Tullius
·         Tarquinius Superbus
Republic (509-27 SM)
-Awal Republic
Setelah beberapa tahun, kaum miskin Romawi tetap merasa bahwa mereka kurang diperhatikan.Mereka memaksa para aristokrat setuju bahwa kaum miskin dapat ikut memilih Tribunus.Tribunus sendiri harus dipilih dari golongan miskin, dan mereka mengikuti rapat Senat.Mereka berhasil memveto keputusan Senat yang sekiranya dapat berakibat buruk bagi kaum miskin. Veto artinya "Aku melarangnya" dalam bahasa Latin, dan itu bermakna bahwa Tribunus dapat mencegah diberlakukannya hukum apapun yang sekiranya buruk bagi orang miskin.
-Republik Romawi
Kini Romawi mulai menaklukan Italia selatan.Mereka menggunakan gagasan-gagasan bagus untuk membantu penaklukan mereka. Seperti halnya Aleksander Agung, Romawi mengumumkan kepada semua orang bahwa jika ada kota yang membutuhkan bantuan dalam peperangan, maka Romawi akan dengan senang hati membantu. Dengan segera, sebuah kota meminta pertolongan karena diserang oleh tetangganya. Romawi mengirimkan pasukan dan mengusir si penyerang. Akan tetapi, setelah perang selesai, Romawi menyatakan bahwa akan menempatkan sejumlah tentara Romawi di kota tersebut, untuk menjaga keamanan di sana. Namun jika ada tentara Romawi yang tinggal di suatu kota, maka kota tersebut secara tidak langsung harus mematuhi segala perintah Romawi.
Selain iu Romawi juga meniru Persia dan Aleksander dengan menjadikan rakyat kota-kota taklukan sebagai kota Romawi, dengan demikian rakyat kota yang bersangkutan juga kan merasa sebagai warga Romawi. Dengan cara inilah Romawi menguasai seluruh Italia selatan.
-Perang Punisa (pertama, kedua, ketiga)
Pertama           : Pada tahun 274 SM, Romawi telah mengusai seluruh Italia.
Kedua : Romawi (merah) dan Kartago (biru) pada awal Perang Punisia Kedua
ketiga  : Reruntuhan Kartago.
-Akhir Republik
Setelah Marius dan Sulla meninggal, sudah jelas bahwa Senat Romawi tidak cukup kuat untuk memimpin Romawi.Untuk mengendalikan keadaan, tiga orang bersekutu, mereka adalah Pompeius (sahabat Sulla), Crassus (seorang kaya), dan Julius Caesar (sahabat Marius).Mereka menjalankan roda pemerintahan selama kira-kira sepuluh tahun, sementara Julius Caesar menaklukan Galia (Prancis modern).Namun Crassus kemudian terbunuh ketika berperang melawan Parthia di Asia Barat, lalu Pompeius dan Julius Caesar terlibat dalam perang saudara.Lagi-lagi banyak orang yang terbunuh di kedua pihak.Pada akhirnya Caesar menang dalam Pertempuran Pharsalus.Pompeius kabur ke Mesir, namun di saan orang-orang Mesir malah membunuhnya supaya Caesar tidak marah kepada mereka.
Kemunduran Romawi (200-476 M)
Krisis Abad Ketiga(235-284 M)
Romawi yang terpecah pada tahun 271 M, terbagi-bagi menjadi Kekaisaran Romawi (merah), Kekaisaran Galia (hijau), dan Kekaisaran Palmyra (kuning).
Pada tahun 200-an M (abad ketiga), Kekaisaran Romawi mengalami masa-masa sulit. Para sejarawan memiliki banyak pendapat mengenai alasannya, namun satu alasan yang pasti adalah bahwa Romawi terus-menerus diserang oleh Sassania di Timur dan pada saat yang sama diserang juga oleh orang-orang Jermanik di utara. Sangat sulit dan mahal menghadapi dua peperangan sekaligus, akibatnya pajak harus dinaikkan menjadi sangat tinggi, dan rakyat tidak senang ketika harus membayar pajak yang tinggi.
Diocletianus(285-324 M)
Diocletianus naik tahta pada tahun 284 M. Seperti pada pendahulunya, dia pada awalnya merupakan seorang jenderal.Diocletianus pertama-tama menghalau Sassania dan Jermanik.Kemudian dia mengakhiri pemberontakan.Lalu dia berusaha menyelesaikan permasalahan perang saudara antara dua bagian pasukan.Diocletianus menyusun sebuah sistem yang mana ada dua orang kaisar di Romawi, dan masing-masing kaisar memiliki seorang asisten.Sistem in disebut Tetrarki (empat penguasa). Ketika salah seorang kaisar meninggal, maka asistennya akan langsung menggantikannya sebagai kaisar, dan kemudian harus kembali memilih seorang asisten baru.
ConstantinusAgung (324-337 M)
Tetrarki Diocletianus berjalan dengan baik selama sekitar 20 tahun, namun kemudian sistem ini mulai kacau.Pada tahun 306 M salah satu kaisar, yakni Constantius, meninggal.Dia seharusnya digantikan oleh asistennya, Severus, namun dia memiliki seorang putra bernama Constantinus.Ketika Constantius meninggal, Constantinus ingin berkuasa, maka dia mengumpulkan pasukan dan diangkat sebagai kaisar oleh pasukannya.Akhirnya perang saudara pun terjadi.
·         Constantius dan Julianus(337-361)
·         Constantius II
·         Julianus
·         Theodosius


Ketika Theodosius meninggal pada tahun 395 M, dia mewariskan Kekaisaran Romawi kepada dua putranya, Honorius dan Arcadius.Honorius menjadi kaisar di Barat sedangkan Arcadius menjdi kaisar di Timur.Mereka berdua tidak cakap dalam memimpin, bahkan mungkin tidak terlalu berminat.Sebagian besar urusan pemerintahan diatur oleh para penasehat mereka.
Sebagian besar tugas Honorius ditangani oleh seorang Vandal bernama Stilicho, yang merupakan jenderal penting dalam pasukan Romawi.
Tidak butuh waktu lama bagi suku Jermanik dan Goth untuk menyadari bahwa kaisar baru yang masih muda itu lemah dan ini merupakan waktu yang tepat untuk menyerang.Para jenderal juga melihat kelemahan ini dan memutuskan untuk memberontak. Yang pertama, Constantinus III, seorang jenderal di Inggris mengangkat dirinya sendiri sebagai kaisar di York pada tahun 405 M. Dia memimpin seluruh pasukan Romawi dari Inggris, menyeberangi selat Channel ke Prancis, dan bergerak melalui Prancis, mengumpulkan pasukan Romawi di Prancis supaya mereka dapat bersama-sama bergerak menuju Roma.
Namun ketika Constantinus III sedang melakukan ini, tidak ada yang mengawasi perbatasan Romawi. Pada Januari 409 M, banyak suku Alan, Vandal, dan Suevi menyeberangi sungai Rhine, yang ketika itu sedang membeku, dan masuk ke Kekaisaran Romawi. Tidak ada pasukan Romawi yang menghentikan mereka, sehingga mereka begitu bebas menjelajahi Prancis dan menjarah segala yang mereka temukan.Mereka datang dalam keadaan lengkap, terdiri atas pria, wanita, dan anak-anak.Ini berarti bahwa mereka datang untuk bermukim.
Tahun-tahun penting
800 SM                       peradaban Etruscan muncul
(kerajaan 753-509)
753 SM                       tanggal tradisional pendirian Roma
509 SM                       Republik Roma didirikan
(republic romawi 509-27)
496 SM                       Bangsa Romawi mengalahkan bangsa Latin dalam pertempuran di Danau Regillus
493 SM                       persekutauan Romawi-Latin , yang memerangi bangsa Etruskan
400 SM                       Runtuhnya Etrusia
390 SM                       kota Roma dijarah oleh bangsa celtik
306 SM                       bangsa Romawi mengalahkan bangsa Etruskan
300 SM                       Ekspansi bangsa Romawi untuk menguasai Italia
200 SM                       perkembangan seni, arsitektur, dan kesusastraan Romawi klasik
264-
202 SM                       perang punik dan jatuhnya Kartago
146 SM                       Bangsa Romawi merebut Yunani
103 SM                       pemberontakan budak di Roma
91 SM             perang antara Roma dan kota-kota di Italia
88 SM             perang saudara di Roma
50 SM             Caesar menaklukkan Prancis
30 SM             penyair Virgil dan sejarawan Livy berkarya
49-31 SM        perang sodara diantara para Jendral yang saling bersaing
27 SM             Oktavianus, berakhirnya republic, berkembangnya kekaisaran
Kekaisaran Romawi (27SM-475 M)
64 M                mulainya penindasan terhadap orang Kristen di roma dimasa pemerintahan Kaisar Nero (juga pada 303-311 M)
100 M              kekaisaran mencapai puncak kejayaan
160 M              wabah penyakit dan krisis membuat jumlah penduduk dan pedagang merosot
165-167 M      wabah penyakit melanda kekaisaran Romawi
167-180 M      perang Marcomanni melawan orang barber pertama
200 M              jaringan jalan raya kekaisaran di selesaikan
212 M              kewarganegaraan Roma diberikan kepada seluruh penduduk kekaisaran
250 M              penyembahan terhadap kaisar diwajibkan dibawah pemerintah Decius
260 M              serangan oleh bangsa Barbar di mulai
276 M              kaisar Tacitus dibunuh oleh pasukannya
286 M              Diolectianus membagi kekaisaran menjadi dua bagian ia memerintah kekaisaran bagian timur, Maxsimillian memerintah bagian barat
313 M              Konstantinus mengeluarkan dekrit yang bersisikan toleransi agama
324 M              Konstatinopel didirikan sebagai ibu kota kekaisran yang baru
370 M              bangsa Barbar menyerang kekaisaran
406 M              orang Romawi mundur dari Inggris, Gaul, dan Iberia.
410 M              bangsa Visigoth menjarah Roma. Ini mengakibatkan kemerosotan kota roma dengan cepat
476 M              jatuhnya kaisar terakhir, Romulus Agustus.


[1]Sami bin Abdullah al-Maglouth, Ensiklopedia Atlas Agama-Agama( PT Niaga Swadaya, 2011), h. 549.
[2] Miranda Smith dll, Ensikopedia Sejarah dan Budaya( Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi, 2009), h. 34.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar