Rabu, 20 Maret 2013

Agama Mesopotamia dan Agama babilonia



Agama Mesopotamia dan babilonia
Ita Siti nurhalimah
1110032100012
A.mesopotamia
v  Sejarah 
Secara etimologi Mesopotamia berasal dari bahasa yunani yang artinya between the rivers yaitu dua sungai yaitu sungai tigris dan eufrat.secara geografis sebelah utara dibatasi bukit-bukit,gunung-gunung batu dan area pertanian.sebelah selatan dihiasi dengan rawa yang luas dan tanah yang tandus.
            Para ahli sejarah menjelaskan di Mesopotamia telah terjadi pertumbuhan kebudayaan yang melahirkan banyak perkampungan kemudian berubah menjadi kota kota kecil disepanjang mesopotamiaseperti erech,eridu,lagash,urnippur dan yang lainya.
Mesopotamia memiliki peradaban bangsa besar yaitu:
1.bangsa sumeria
            Bangsa sumeria merupakan banga pribumi mereka telah ada sejak 5000 SM,peradabanya berhasil pada titik puncak pada tahun 2000 SM sekaligus ehancurannya.bangsa ini lebih terkenal dengan kemampunya dalam bidang agraris dan ternak hewan.
2.bangsa akadia
            Bangsa akadia adalah bangsa semit yang berhijrah ke jazirah irak tengah pada millennium ke 3 SM.massa keemasan dinasti sumeria berakhir dengan penyatuan2 wilayah kerajaan dalam satu kesatuan dibawah kekuasaan raja kish yang dikenal dengan masa lugalzageji.
3.bangsa Assyiria
            Bangsa semit yang hijrah dari semenanjung arab  pada millennium ke 3 SM dan menetap di sebuah tempat yang dikenal dengan benteng syarkat atau asyurdi wilayah timur laut Mesopotamia.
B.babilonia
v  Sejarah
Berasal dari kata babilani yang artinya the gate of god(gerbang tuhan atau dewa)sebelah utara berbatasan dengan Assiria,sebelah timur ada elam,bagian selatan gurun arab,sebelah tenggara teluk Persia.
v  Perkembangan dan peradaban babilonia
Ø  The old Babylonian period(2000-1595 BC)
Ø  Middle Babylonian period(1595-1000BC)
Ø  Neo Babylonian period(1000-539BC)
C.kepercayaan Mesopotamia
§  Kerajaan sumeria
Dewa-dewa yang disembah dalam tradisi bangsa sumeria:
-Dewa danau:enki,aisuhi,dehuzi apsu,nanse,ninmar
-Dewa kebun:nenazo,nenaqshazeda dan damo
-dewa ternak
-Dewa langit
-Dewa lading
D.Upacara/ritual keagamaan bangsa sumeria
1.ritual yang dimaksudkan untuk memuliakan dan mengagungkan dewa serta memohon belas kasih
2.ritual negative yang dimaksudkan untuk menangkal bahaya dan untuk melawan musuh
3,ritual yang bersifat penangkal yang bertujuan untuk menagkal peristiwa yang akan terjadi dimasa depanya sehingga ia bisa mempersiapkanya
D.kuil atau tempat peribadatan bangsa sumeria
            Bangsa sumeria melakukan ritual penyembahan di zagurat,zagurat merupakan kuil yang di bangun dengan menara yang disusun berbata bata dengan maksud menghubungkan bumi dan surge,tujuan pembangunanya yaitu untuk pusat belajar n kegiatan agama.
§  Kerajaan akad
Bangsa akad termasuk rumpun bangsa semit yang berasal dari daerah padang pasirbangsa akad memuja banyak dewa dan memiliki cerita-cerita dongeng kepahlawanan seperti edopa,etana dan Gilgamesh
§  Kerajaan amori
Bangsa babilonia di bangun oleh bangsa amori di bawah pimpinan sumuabum letaknya dekat dengan ota kish,bangsa amori tampil sebagai penguasa baru di Mesopotamia.
§  Kerajaan Assiria
Rasa keagamaan bangsa ini tidak mengakar pada dirinya karena bangsa ini mengadopsi ibadah,ritual dewa-dewa bangsa tetangga seperti sumeria,akkadia,babilonia dan arami.
E.Sistem kepercayaan bangsa Mesopotamia/babilonia
            Mereka hanya meyakini jika ada seseorang yang lalai atau lupa mengadakan doa-doa dan korban maka dewa-dewa akan membalas dosana itu dengan suatu penyakit yang menimpanya yang gak akan sembuh kecuali ia melakukan penebusan dosa atau bertaubat padanya dan dilakukan dikuil dipimpin oleh pendeta.
·         Kepercayaan tentang Dewa-dewa
Bangsa ini adalah penyembah dewa-dewa(politeisme) dan mempercayai dewa dewa dalam cerita peperangan.
·         Kehidupan setelah mati
Bangsa ini tidak mempercayai adanya kehidupan setelah mati,perhitungan akhir dan hukuman ,pahala.mereka mengubur orang yang meninggal dibawah rumah atau dibawah lantai rumah mengikuti bangsa sumeria.
·         Kisah diciptakanya bumi dan kubah angkasa
Anum dewa langit telah mengalami kekalahan ketika menghadapi tiamat dan baru menang setelah seorang pahlawan kanak anak muncul dari air yaitu marduk dewa tentara dan penguasa peperangan,kemudian marduk menuju tiamat untuk dipotong menjadi dua dari separuhnya di buatlah bumi dan kubah angkasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar